Daisypath Wedding tickers

Daisypath - Personal pictureDaisypath Wedding tickers

Blog Archive

Sunday, December 19, 2010

Innalillahi Wa Innalillahi Rajiun ..Rest in Peace Eyang...

Rabu, 15 Desember 2010 pk. 430 pagi...
Yep.. di pagi buta itu, tiba-tiba nyokap bangunin aku dan cuma bilang 1 kalimat "ta, eyang marno meninggal" ... okey.. kedipan 1 baru nyadar ngumpulin nyawa.. kedipan kedua langsung ngeh.. dan lemes...

Yap, pada hari itu aku kehilangan eyang ku dari pihak bokap. Kabarnya yang mendadak itu yg bikin lemes... karena hari minggu nya eyang masih telpon-telponan sama bapak...bahkan bapak sempet aku omelin, karena maunya buru-buru aja nutup telponnya eyang.. takut tagihan telpon mahal... hadehh -_-"..
Aku langsung bangun, turun ke bawah dan liat Bapak lagi sendirian gelap-gelap di ruang tamu... sambil SMS in entah siapa.. dan nggak tau juga apa yang berkecamuk di pikiran beliau... sedih? pasti (pake nanya lagi)... atau nyesel? entahlah.
Singkat cerita kita sekeluarga buru-buru ke Bandung, untuk pemakaman eyang.

Pas perjalanan aku BBM an sama sepupuku yg di Bandung, dan nanya sebabnya kenapa. Karena terus terang mendadak banget sakitnya. Eyang kena serangan jantung.. jadi, pada hari Selasa, eyang sudah ngeluh dadanya sesek,.. lalu rencananya mau dibawa ke RS paginya.. ternyata jam 11 malem malah makin parah.. mungkin karena nggak ada sejarah sakit jantung, pihak keluarga di bandung nggak gitu ngeh :(... well, dalam perjalanan ke RS eyang masih sanggup berdzikir jelas,... sampai turun dan di bawa kursi roda pun eyang masih sanggup .. *duh mulai berkaca2*. Pada akhirnya langsung masuk UGD dan setelah dicek keadannya, ada penymbatan di jantungnya.. dan hanya bisa diketahui dengan jalan operasi.. tapi karena terlambat penanganan, kondisi eyang drop... jadi belum memungkinkan utk di operasi.. Dokter menunggu hingga stabil.. Setelah masuk UGD eyang masih bisa ngobrol, cerita sepupu aku. Dan rencananya udah mau buat gantian jaga di RS..

Namun, nasib berkata lain. Sepupuku balik jam 1 pagi dari RS.. dan jam 3 nya dikabari Eyang sedang kritis.. kira-kira jam 4.30 Eyang tutup usia di umur nya yang ke 84 tahun.. kurang lebih 9 bulan setelah PakDe ku nggak ada. Keluarga besarku sedih banget, kita kehilangan 2 orang yang kita sayang dalam 1 tahun ini.. keduanya serangan jantung, dan mendadak...

Pukul 10.30 kita sampai di Bandung, aku hanya duduk aja deket jenazah eyang.. dan karena takut keingetan terus, aku nggak mampu lihat wajah eyang terakhir kali.. well, cukup lah diceritain Ibu ku, wajahnya eyang seperti tidur... tenang..
Pukul 11.30 eyang dimakamkan, memang agak terburu-buru.. karena cuacanya mendung dan takut nya hujan..

Tahlilan diadakan di rumah eyang, serius.. banyak sekali saudara yang datang.. dan rasanya aneh sekali gak ada eyang yang nyambut tamu.. karena ya, selama 16 tahun terakhir eyang tinggal di rumah ini. Setelah usai tahlilan,aku lalu ngobrol-ngobrol sama salah satu tante ku (istrinya adeknya Bapak yg paling bungsu). Tante ku nanyain, kapan aku mau nikah. Well, karena belum ada hari lamaran yang pasti, kita sekeluarga memang belum bilang apa-apa..Terus, tante ku cerita ke aku, eyang sering nanyain ke Bapak kapan aku mau nikah. Yap, aku pernah ngenalin pacarku ke eyang pada saat pemakaman Pakde ku Maret lalu. Eyang rupanya seneng sama pacarku ini, dan merestui agar aku buruan menikah. Lanjut ke cerita Tanteku, Eyang karena saking pengennya menghadiri pernikahan aku, bahkan sudah pesen ke tanteku untuk menjahitkan baju buat acara pernikahan ku nanti.. *okey, mulai mewek..*Terus terang, aku sedih banget... tinggal 6 bulan menuju hari H... namun apa boleh buat, yang diatas sudah menggariskan lain..Tanteku juga cerita, kalo eyang suka curhat... agak takut nanya ke Bapak kapan aku mau menikah, jadi eyang bilang nggak perlu cerita ke Bapak tentang baju itu.. *hiks.. makin sedih..*

Paginya, usai tahlilan kita sekeluarga siap-siap balik ke Jakarta. Karena Adekku bagi raport besoknya. Tante ku yang lain (adeknya Bapak yang nomer 6 -mereka 7 bersaudara) mulai beres-beres lemari bajunya eyang. Ternyata di kotak perhiasannya eyang, beliau sudah memasukan perhiasannya didalam plastik yang di namai. Aku dapat kenang-kenangan sepasang giwang emas bermata berlian... makin sedih.... Eyang bener-bener udah prepare kaya gini dari kapan yah? kita juga nggak tau persis, mungkin sudah ada firasat? entah lah...

Pukul 11 siang kita kembali ke Jakarta, dan aku merasa agak ganjil.. ada seseorang yang belum dipamiti.. seseorang yang setiap dipamiti akan kasih wejangan panjang lebar... seseorang yang akan meluk aku, cium aku sebelum aku pulang ke jakarta... seseorang yang akan bawain bekal makanan masakannya untuk di jakarta sampai bagasi ngga muat lagi..
Aku juga inget..kenangan-kenangan pada saat eyang ngajarin aku bahasa Belanda pakai bukunya beliau pas masih di HIS.. kado ulang tahun dari beliau... ucapan selamat ulang tahun setiap tahunnya dari beliau ..dan masih banyak lagi..

Eyang, selamat jalan... semoga eyang bisa beristirahat dengan tenang disana... maafin aku yah.. belum sempat buat eyang bahagia :( ... moga-moga persiapan pernikahan ku lancar..supaya eyang disana bisa tersenyum senang :) Amien..

I'm gonna miss you eyang...
20/06/1926 - 15/12/2011

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.